Sunday, November 30, 2014

Usaha Kecil Tempe Penyet Yang Menguntungkan


usaha sampingan tempe penyet  yang menguntungkan
Jika ditanya, usaha sampingan apa yang paling menguntungkan? jawabannya, banyak sekaliii. Pada dasarnya, jika dikelola dengan benar semua bisnis itu menguntungkan. Banyak sekali tips dan trik agar  sukses mengelola usaha. Kitapun bisa mempelajarinya dengan cara mencari informasi di internet, membaca dari buku-buku tentang kisah sukses usahawan, atau belajar langsung dari pengalaman. Untuk mencapai keberhasilan sebuah usaha, besar atau kecil, bisnis utama atau hanya sampingan, perlu cara pengelolaan yang baik. Salah satunya adalah jualan tempe penyet. Usaha kecil ini bisa dijadikan bisnis yang utama. Tetapi, bisa juga dijadikan sebagai usaha sampingan. Hanya perlu modal relatif kecil, tetapi menguntungkan.

Memuläi usähä Sämpingän tempe penyet.


Membähäs tempe memäng tidäk ädä häbisnyä. Hämpir seluruh mäsyäräkät indonesiä mengenäl mäkänän yäng sätu ini.  Berdäsärkän bähän pembuätännyä, ädä tempe gembus, tempe benguk, tempe lämtoro, tempe kecipir, tempe käcäng hijäu/meräh, dll. Mäsyäräkät umumnyä lebih mengenäl tempe berbähän käcäng kedeläi. Bänyäk sekäli jenis väriäsi olähän däri mäkänän äsli indonesiä ini. Ädä tempe goreng, tempe keripik, tempe mendoän, dll. Tempe penyet ädäläh säläh sätunyä. Penyet, bisä diärtikän "lumät". Ini disebabkan mengäcu pädä proses penyäjiänyä yäng dilumätkän sedikit dengän sämbäl. Sebelum digoreng, tempe direndäm dulu dengän äir käldu, bumbu gäräm, dän ketumbär.

Dibäwäh ini contoh resepnyä:

Bähän Utämä:
tempe (300gr)
gäräm (2 sendok teh)
äir (300 ml)
minyäk goreng (seperlunyä)

Bähän untuk sämbäl:
bäwäng putih (11 siung)
gulä päsir (1 sendok teh)
gäräm (1/2 sendok teh)
cäbe räwit (8)
cäbe keriting (8)
kencur (9 cm)
teräsi (1 sendok teh)
Sebelum memuläi proses memäsäk, Potongläh tempe sesuäi ukurän yäng diinginkän. Kupäs bäwäng sämpäi bersih sertä buäng tängkäi cäbe räwitnyä.

Selänjutnyä ädäläh proses pembuätän Tempe Penyet;

- Pembuätän sämbäl:
bäkär teräsi sämpäi härum
goreng bäwäng putih
cäbe räwit dän cäbe keriting
häluskän bähän di ätäs cobek
Pembuätän sämbäl selesäi.
- rendäm tempe ke däläm äir selämä 10 menit.
- siäpkän wäjän pädä kompor.
- goreng tempe hinggä mätäng. Usähäkän jängän terlälu kering.
- letäkkän tempe di ätäs cobek
- oleskän sämbäl dän lumätkän tetäpi jängän sämpäi häncur. Bälik, dän läkukän pädä bägiän läinnyä.
- tempe siäp disäjikän.

Resep diätäs hänyä sebuäh contoh. Mäsih bänyäk väriäsi läinnyä. Disiniläh kreätivitäs ändä di täntäng. Seteläh mengetähui resepnyä, sekäräng säätnyä mempersiäpkän äpä säjä yäng diperlukän utuk memuläi usähä sämpingän tempe penyet ini.
- Hitungän Modäl.
Membängun usähä ini modäl yäng diperlukän relätif kecil. Untuk membeli bähän bäku, seperti tempe dän bumbu, sekitär 300 ribu. Sedängkän perälätän untuk memäsäk, seperti kompor, dll, sekitär 2 jutä. Sementärä untuk pembuätän läpäk, seperti tendä, mejä, dll, kirä-kirä diperlukän dänä 1,5 jutä. Sewä lokäsi biäyänyä sekitär 500/bulän.

-Persiäpän Memilih Lokäsi.
Lokäsi yäng bäik sängät menenntukän keberhäsilän usähä ändä. Cäri lokäsi yäng strätegis, misälnyä di dekät perempätän jälän, di sekitär perumähän, di sekitär perkäntorän, dll. Ändä jugä härus memperhätikän lokäsi berjuälän dengän tempät tinggäl ändä. ini untuk mengurängi biäyä tränsportäsi.

Semua bisnis dan usaha, selain menjanjikan keuntungan yang besar, tentulah mempunyai resiko. Dengan persiapan dan perhitungan yang baik, diharapkan tidak menemui kegagalan pada usaha anda. Walaupun sebuah usaha sampingan, lakukanlah sebaik-baiknya, raihlah kesuksesan.

No comments:

Post a Comment