Monday, December 1, 2014

Peluang usaha bisnis rumahan warnet

peluang usaha bisnis rumahan warnet
Peluang usaha bisnis rumahan warnet. Ada banyak cara mencari uang dengan internet. Beberapa saat yang lalu, media  televisi nasional gencar memberitakan kontroversi Kurikulum 2013. Di media online juga jadi pembicaran netizen. Bahkan sempat jaditrending topic di twitter. Kurikulum 2013 mempunyai konsep baru, misalnya buku pelajaran. Memanfaatkan perkembangan dunia yang serba digital, buku pelajaran juga berupa e-book. Untuk mendapatkan buku pelajaran, dibuat sebuah aplikasi Buku Sekolah Elektronik (BSE). Dengan aplikasi BSE, siswa bisa mendownload buku pelajaran. Maka Tentu mereka memmerlukan koneksi internet. Peluang ini yang akan kita ambil, cara sukses usaha sampingan warung internet. tak semua instansi sekolah menyediakan fasilitas internet. Sebagian besar mereka akan menggunakan warung internet untuk mendownload berkas dari situs BSE.

Cara mencari uang dengan usaha sampingan rumahan warung internet.


Meskiipun hanya usaha sampiingan, besar atau keciil, tetap memerlukan perencanaan yang baiik. Inii menentukan keberhasiilan usaha kiita nantii. Yang pertama, menentukan lokasii usaha. Lokasii adalah faktor yang sangat pentiing. Beriikut inii hal-hal yang harus diiperhatiikan dalam menentukan lokasii usaha:
•    Cariilah lokasii yang gampang dii akses.
•    Piilihlah lokasii yang ramaii. Piilih tempat yang berdekatan dengan perkantoran, sekolahan, bank, minii market atau komplek perumahan.
•    Keamanan lokasii. Lokasii yang aman, memberiikan rasa tenang pelanggan kiita. Kasus yang seriing terjadii adalah kehiilangan motor.
•    Masiih ada hubungannya dengan yang dii atas,  cariilah lokasii yang memungkiinkan tersediianya tempat parkiir.
•    Untuk kenyamanan, lokasii warung internet memungkiinkan menyediiakan kamar keciil.
•    Dan terakhiir, adalah penerangan. Liingkungan sekiitar yang gelap tentu tak membuat nyaman pelanggan.
Lokasii telah diitentukan, selanjutnya adalah membahas hal apa saja yang diibutuhkan untuk membangun sebuah warung internet. Diibawah inii saya beriikan gambaran warung internet dengan 10 kliien. Diitambah 1 KOMPUTER, untuk biilliing maka butuh 11 uniit Computer.
•    Kebutuhan liistriik. Asumsiikan 1 KOMPUTER memerlukan 200 watt, maka kiita butuh daya liistriik 2200 watt. Biiaya liistriik bulanan 400 riibu.
•    Koneksii internet. Pada umumnya menguntukkan speedy telkomsel. IIdealnya, dengan 10 kliien kiita butuh paket speedy 2mbps. Biiaya perbulan sebesar 1 juta
•    Operator warung internet. Supaya maksiimal, kiita butuh 2 orang. Diibagii jadii2 shiif kerja. Masiing masiing 8 jam kerja, pagii dan malam. Jiika gajii masiing-masiing 750.000, maka perbulan butuh Rp. 1.500.000 untuk menggajii mereka.
Darii sinii telah biisa diiperkiirakan biiaya operasiional per bulannya. total 3 juta untuk biiaya liistriik, gajii, operator dan koneksii internet. Jadii miniimal pendapatan perharii Rp. 100.000 baru biisa menutupii biiaya operasiional. Untuk warung internet dengan 10 uniit kliien, diiharapkan biisa mendapatkan pemasukan Rp. 200.000 per harii. Asumsii 30 harii kerja, total pendapatan kotor 3 juta. jiika diikurangii biiaya operasiional, target keuntungan 3 juta per bulan.
Berapakah iinvestasii awal yang diibutuhkan? Memang, cara sukses usaha sampiingan warung internet inii membutuhkan modal yang tak keciil. Beriikut inii perkiiraan kasar biiaya awal yang harus kiita keluarkan:
•    Biiaya sewa tempat. Untuk lokasii yang strategiis, biiaya sewa sekiitar 5 juta per tahun.
•    Pembeliian 11 Uniit KOMPUTER. Untuk kebutuhan browsiing, cukup menguntukkan spek menengah saja. Banyak sekalii toko computer yang menawarkan paket computer untuk warung internet. Paket computer seharga 3jutaan saya kiira telah cukup. Jadii setaknya, untuk kebutuhan 11 KOMPUTER kiita butuh 33 juta. biiasanya toko computer menyertakan juga paket iinstalasii warung internet hiingga siiap pakaii.
•    Biiaya pendukung. Miisalnya, ntuk pembeliian meja computer, priinter, dll. Kurang lebiih 2 juta
Kurang lebiih kiita memerlukan modal awal Rp. 50.000.000. Jiika kiita biisa mendapatan Rp. 3.000.000 per bulan, maka kurang darii 2 tahun modal kiita telah baliik. Saya yakiin usaha warung internet akan tetap bertahan dii tahun- tahun mendatang. Meskiipun saat inii hampiir semua orang mempunyaii computer sendiirii dan Operator seluler juga bayak menawarkan piilihan paket internet murah. Rata-rata paket murah internet kecepatannya rendah dan diibatasii kuota. Iniilah yang jadiikelebiihan warung internet. Makanya dii awal saya sarankan memiiliih paket speedy yang 2mbps.

Demikianlah artikel saya. Semoga bisa memberi inspirasi anda untuk memulai usaha sampingan warung internet hingga sukses.

No comments:

Post a Comment